Coba saja pelototi sekujur tubuhnya secara detil. Mulai dari
eksteriornya, interior, ruang mesin, hingga kaki-kaki, hampir tak ada
cacat sedikitpun yang bisa ditemukan. Namun tahukah Anda bagaimana kisah
pertama kalinya Pak De Bei Budiono membeli Toyota Corolla KE30 buatan
tahun 1975 ini?
Alkisah bermula pada tahun 2010, dimana saat itu Pak De Bei menerima
selentingan kabar dari salah satu temannya bahwa di daerah Cirebon, Jawa
Barat ada 1 unit Toyota Corolla KE30 yang akan dijual. Kondisi Toyota
Corolla KE30 ini memang agak sedikit kurang baik, dan dengan debu tebal
menyelimuti sekujur tubuhnya. Namun yang terpenting, Toyota Corolla KE30
ini masih serba orisinil dan belum pernah sekalipun berpindah tangan.
Setelah berhasil ditebus dan sebelum dikemudikan langsung ke Jakarta,
Pak De Bei melakukan sedikit perawatan seadanya demi keamanan dan
kenyamanan saat dalam perjalanan. Eksterior Toyota Corolla KE30 berkelir
green apple ini dicuci terlebih dulu demi mengusir debu yang telah lama
melekat.
“Waktu itu bodinya cuma berdebu saja mas. Jadi pas setelah saya beli,
eksteriornya cukup saya cuci saja di tempat pencucian mobil umum. Oh
iya...waktu masih di Cirebon, oli mesin dan filter olinya juga saya
ganti baru. Kebetulan waktu itu saya sudah bawa oli dan filter oli baru
dari rumah,” ujar Pak De Bei Budiono.
Demi mendapatkan kesempurnaan fisiknya, proses perbaikan terhadap
Toyota Corolla KE30 ini tetap dilanjutkan setibanya di Jakarta.
Contohnya pada eksteriornya yang diklaim masih dilapis cat asli bawaan
pabrik. Untuk mengembalikan kilau cat aslinya, Pak De Bei cukup
memolesnya saja, dan menancapkan sehelai antena otomatis pada bagian
hood dan antena mungil di ujung kiri bumper depan demi mempermanis
tampilannya.
Perlakuan yang hampir sama dilakukan terhadap interiornya yang masih
lengkap dan serba orisinil. Cukup dengan dibersihkan saja, maka interior
Toyota Corolla KE30 ini bisa kembali seperti baru. Nah...sementara
sebagai penunjang kenyamanan di dalam kabin, Pak De Bei menjejalkan
sebongkah headunit antik bermerk Mitsubishi pada konsol tengahnya.
Asooooyy.....
Agak sedikit berbeda pada sektor kaki-kaki. Sebenarnya, kaki-kaki
Toyota Corolla KE30 ini belum mengalami kerusakan parah. Akan tetapi,
demi mendapatkan handling yang mantap dan keamanan berkemudi, Pak De Bei
mengganti tie rod dan long tie rod-nya dengan yang berstatus baru dan
so pasti original. Tak lupa, ban white stripe diaplikasikan pada keempat
velg-nya untuk mendongkrak tampilan klasiknya.
Terakhir, kondisi mengagumkan juga terlihat pada sektor mesin. Mesin
Toyota Corolla KE30 ini yang berkonfigurasi 4 silinder segaris masih
sanggup menempuh jarak ratusan kilometer dari Cirebon menuju Jakarta
tanpa mengalami kendala sedikitpun. “Mesinnya waktu itu masih hidup dan
kering mas. Gak ada oli yang merembes. Tapi supaya tenaganya enak lagi,
akhirnya saya turunin setengah aja mesinnya. Paking-paking saya ganti
baru, tapi komponen dalam mesin gak ada yang diganti,” tutur Pak De Bei.
Wuuiiiiiiiiiihhhhhh.........................
Hanya dalam hitungan bulan, Toyota Corolla KE30 berhasil dikembalikan ke kondisi orisinilnya. Bravo Pak De Bei Budiono...!
Sumber : Bosmobil.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar